Kamis, 02 Januari 2014

Bihun Kuping Pedas

Di sela kesibukanku merenda benang, siang ini perutku nagih minta jatahnya. Akhirnya tadi ke warung terdekat nyari bahan masakan. Hanya tersedia pare, jamur kuping dan kangkung. Dengan bekal sepuluh ribu rupiah yang aku kantongi dalam dompet, aku dapat bawang merah, bawang daun dan seledri, jamur kuping sebungkus, bihun dan kangkung.

Sebenernya bingung itu belanjaan mau diapain. Akhirnya terlintas ide bikin tumis bihun. Karena di rumah ada beberapa cabe gendot, rencana mau masak yang agak hot. Bihun Kuping Pedas. Itu nama masakanku kali ini. Namanya ngarang aja...hehe.

Kelihatan meriah kan, masakanku? ^^


So, ini dia masakanku kali ini.

Bahan:
Bihun 1 bungkus, rendem di air panas
Jamur kuping 1 bungkus, cuci bersih lalu masukkan ke air mendidih kurang lebih 3-5menit

Bumbu:
Daun bawang 3 batang
Seledri 6 batang (aku suka seledri sih)
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Tomat 1 buah
Cabe gendot 2 buah, buang bijinya (kalo ada mah pengennya paprika ^^) Kalo suka pedas, bisa tambah cabe rawit
Garam secukupnya
Penyedap kalo suka. Aku pakai Mas*ko Sapi dikit..hehe. Lom bisa ninggalin sepenuhnya msg ini..hadeuhhh
Minyak 2 sendok makan buat numis.
Air secukupnya kalo tumisannya garing.

Cara:
Tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dicincang halus. lalu masukkan irisan cabe gendot. Masak hingga harum. Lalu masukkan Bihun dan jamur kuping. Aduk-aduk hingga rata, masukkan garam dan penyedap. Kalo kering, tambahkan air secukupnya. Lalu masukkan irisan bawang daun dan seledri, tambahkan juga tomat. aduk-aduk lagi hingga tomat layu. Kemudian angkat jika masakan telah cukup matang. Sajikan...

Mudah kan? Sebenernya lebih enak kalo pakai taburan pala bubuk. tapi tadi ngga ada sih. Oya jamur kuping bisa diganti atau ditambahkan dengan irisan wortel, buncis, kol, bakso, sosis, dan lain sebagainya. Tergantung selera dan suka hati kita.

Selamat mencoba. ^^ <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar