Selasa, 31 Desember 2013

Ayam Bakar Ala Chef Maryam

Ini hari apa sih? Kok Rame amat? Iya ini malam tahun baruan, hari terakhir di tahun Masehi. Gilooo... orang sampe repot-repot nyewa organ tunggal, mainin musik dangdutan dengan penyanyi perempuan yang pakai pakaian seksoy. Anak-anak sibuk niup terompet nambah berisik suasana. Ada juga yang sibuk bakar petasan. Hadeuuuhh...malam tahun baruan kok lebih rame dari acara pengajian di masjid yang ada di sebelah lapangan dimana letak organ tunggal itu diadakan. Astaghfirullaah....

Hahay, mau nulis resep masakan aja mesti curcol dulu. Oya, aku bikin ayam bakar nih. tapi bukan untuk merayakan tahun baru. Tapi aku mau ngungsi malam ini ke rumah ibu (semoga di rumah ibu ngga berisik kayak di lingkungan kontrakanku ini). Berhubung malu, dari pada aku ngga bawa apa-apa... ya udah aku bawa hasil masakanku aja. Secara Ibu lom pernah aku masakin ayam bakar kan...hehe.

Setelah gugling nyari resep masakan ayam bakar, aku nemuin resep mudah di link kecap Bang*. Tapi ada banyak bumbu yang aku skip karena memang ngga tersedia. Alhasil aku bikin ayam bakarnya sakarep dhewek. Ealaaah...ternyata maknyos juga hasilnya. Dan yang penting, buat crafter sibuk kayak aku (hahaha...sok sibuk banget sih gueee???) Masak ayam bakar ini tergolong MUDAH dan CEPAAATTTT...!!!!

Ayam yang sudah dicuci bersih dan bumbu halusnya....


Oke ini resepnya...

Bahan:
1/2 kg Ayam (dapet 2 paha, aku potong dua, jadi dapat 4 potong ukuran besar)

Bumbu Halus:
Jahe 1 ruas jari
Lengkuas 1 ruas jari
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 5 siung
Gula merah setengah gandu (satu gandu= 1 potong, jadi kalo setengah kira-kira 2 sdm)
Garam secukupnya.

Bumbu cemplung:
4 lembar daun salam
1 bungkus asam jawa yang dilarutkan air 300ml. Aku tadi salah, malah nambahin 100 ml air (jadi 400ml) ternyata kebanyakan airnya sodara-sodara....hiksss...ayamnya dah lunak, air masih banyak :(
Kecap secukupnya. Aku tadi kasih 3 bungkus kecap sachet.

Ayam yang sudah dimaskerin bumbu halus...^^


Airnya kebanyakan euy..........hikss

Caranya mudah:
Ayam yang udah dicuci bersih dilumuri bumbu halus, terus beri air asam jawa tadi (jangan banyak-banyak ya teman, cukup 300 ml aja...) trus kasih salam dan kecap. Biarkan meresap. Kalo udah agak mengering airnya, ayam siap dibakar. Jangan lupa tiriskan dulu yaaa...

Bakarnya nanti aja ah di rumah ibu, biar makannya bareng hangat-hangat. Pas dibakar, rencana mau dibalurin lagi sama kecap dan saos sambal. kalo ada, disiramin air jeruk limau biar sedap. 

Wah...wangiiii banget, dan segerrr....ini siap ditiriskan dan dibakar ^^
sangat disayangkan...ayamnya kelamaan diungkep, jadi agak hancur deh

Eh tadi aku icip kuah kecapnya enak banget loh...asam jawa bikin ayamnya ngga amis dan segar. Daun salam bikin aroma ayamnya wangiiii....Wah udah gak sabar aja pengen segera "kipas-kipas"...eh...bakar di hepokol gak usah dikipas deng....hehehe...lupa deh.

Ibuuu....tunggu aku yaa....akan kubawakan ayam bakar kreasiku untukmu....^^


2 komentar:

  1. aku ndak punya bakat masak, tapi suka nekat coba-coba masak untuk suami. kadang malu, karena sering ndak enak-nya (menurut saya) daripada enaknya :)) kebetulan pak suami seneng banget sama ayam bakar... mudah²an kali ini ndak salah racik lagi, dan sukses bikin ngiler seperti punya Chef Maryam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja mba...aku juga gak bakat masak kayaknya. yang penting coba terus. Nanti juga ketemu formula "enak" dan sedapnya. Kalo aku masak ngga mesti lengkap bumbunya, soale malas ke warung. jadi seadanya aja, yg penting terasa gula atau garamnya ^^
      ini resep ayam bakarnya ngarang, tapi lumayan enak. Terpenting sih: cepet...hehe

      Hapus