Selasa, 22 Oktober 2019

Gudeg Ceker Ala Neng Mary

Hari ini aku belanja tanpa planning lagi. Dari rumah pingin bikin opor ayam sama samgortang. Karena ternyata bahan-bahan yang dibutuhkan ngga tersedia di warung, akhirnya nyari alternatif menu lain deh.

Dan mataku tertuju sama nangka Gori yg bersih-bersih. Jadi pingin bikin tumisan pakai cabe kriting dan teri medan yang ladzidz jiddan. Ples si permata hijau yaitu pete, kayaknya tambah maknyus.

Lihat ceker yang ginuk-ginuk, aku jg tergoda mengambilnya. Untuk besok atau lusa, bikin seblak ceker atau sop biasa juga enak. Aku comot juga sayur pelengkapnya, wortel, kentang dan buncis.

Ikan nila juga aku ambil, 2 ekor dapet 14rb. Buat besok atau lusa, dibikin pesmol bumbu kuning atau dikecapin aja.

Semua belanjaan lauk dan sayur habis 55rb dan itu bisa untuk 2-3hari kedepan. Hemat kan?

Sip. Mood ku buat masak lagi bagus nihπŸ˜…

Saat pulang ke rumah, langsung aku bersihkan ikan dan ceker. Ikan nila aku beri garam dan masuk freezer. Besok lah aku goreng.

Ceker ayam, aku bersihkan juga dan langsung direbus. Sore nanti lah aku bikin sayur sop.

Begitu rencananya.....

Qadarullaah.... Abis bikin mie goreng buat sarapan, ealah...gas tetiba habisπŸ˜’πŸ˜’πŸ˜’
Planning kuh gagal lagi.

Ah, Gimana bisa masak? Aku bukan ga mau beli gas baru, tapi emang ga berani masangnya. Karena agak mesti tricky gtu masang nya. Maklum kompor udah udzur.. Takut meledak akutu...hahah...parno bgt dah. Telpon suami, dia pulangnya malam nanti.

Akhirnya muncul ide masak di rice cooker ajah. Tapi masak apa? Hahahaha...bingung lg.

Gugling searching, kuputuskan untuk  mencampur aja Nangka Gori sama ceker yang dah direbus tadi pagi.

Jadinya GUDEG ceker pke rice cooker...πŸ˜„
Nangkanya aku rebus juga disitu.

Ini bahan dan bumbunya.


  • 500gr nangka gori potong kecil lalu rebus di rice cooker
  • 250gr ceker ayam kira-kira isi 10biji, rebus. Airnya jangan dibuang. Buat kuah nanti.
Bumbu:
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Cabe merah dan kriting 5-6 buah
  • Kemiri (aku skip)
  • Laos, serai dan daun salam aku skip jg krn ngga ada..hihi
  • 5cm Kunyit
  • 1 lembar Daun kunyit
  • 3 lembar daun jeruk
  • ½ bulatan Gula merah sisir halus, kira-kira 2 sendok makan
  • Garam, penyedap rasa secukupnya
  • Ketumbar bubuk
  • Santan kara optional klo suka. Mungkin aku kasih santan dikit nanti. Tp kok diicip udah enak sih...gasah pake santen jg gpp.
Caranya:

Blender halus bawang putih, bawang merah, cabe, kunyit, ketumbar bubuk. Sisihkan.

Susun nangka gori, ceker, di dalam rice cooker. Masukkan daun kunyit dan daun jeruk. Tambahkan bumbu halus, gula garam, penyedap rasa.


Klik tombol "cook"

Tunggu 20menitan. Aduk rata dan test rasa. Terakhir kasih santan deh...dikit.

Taraaaaaa....Gudeg ceker dah siap...πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„






Tidak ada komentar:

Posting Komentar