Senin, 30 Desember 2013

Baby Shoes Ballerina

Masya Allah, udah beberapa hari ini aku mulai merasa jenuh dengan project Boneka Maryam dan kaos flannelku. Alhamdulillaah mereka tingga dikit lagi, dan tinggal finishing. Nah tadi di FB Mba Novi share pola sepatu dari link ini: http://www.aheys.com/knittingdanprojeksaya/free-crochet-pattern-ballerina-baby-booties-by-daknit-designs/

InsyaAllah gratis polanya, namun jika mau copas sebaiknya memperhatikan sumber aslinya...yaa..sebagai wujud penghargaan kita sama si empunya pola.

Eh mudah dan cepat juga lho bikinnya. Ngga sampe satu jam udah kelar aja. Mungkin karena memang sepatunya juga kecil, maklum ini sepatu bayi. Panjangnya hanya 10 cm saja. Maryam pakai hook no 4mm dan benang katun. Kalo pengen lebih besar ukurannya, bisa dengan mengganti benang dengan ply lebih besar atau mendobel benang dan merajut dengan hook dengan nomor yang lebih besar. Untuk ukuran dewasa kayaknya jumlah chain atau rantainya dan row/barisnya bisa ditambah. Suka hati kita lah, yang penting jangan bosan tuk mencoba dan memodifikasi pola. *nasihat dari tukang ngarang pola...wkwkwkw*

Baby Shoes Ballerina buatan Maryam, with small white roses ^^


Di link asli pakai bahasa Inggris. Nah untuk memudahkan, Maryam mau coba menerjemahkannya ke dalam bahasa kita tercinta...Indonesia...hehe. Di dalam pembuatan sepatu ini ternyata hanya menggunakan dua jenis tusukan, yaitu double crochet dan half double crochet. Mudah kan? ^^

Pertama, kita buat chain atau rantai dulu sebanyak 23ch. Lalu di rantai ke-4, kita buat dc. Setelah itu lanjutkan hingga di ujung. Nah di rantai terakhir kita buat 6 dc lalu lanjutkan dc di setiap lubang yang berlawanan arah, dan di akhir tusukan (stitch) lakukan 2 dc dalam satu lubang, lalu satukan (slip stitch)

Di putaran ke dua, lakukan 3 rantai (ini dihitung sebagai 1 dc). Dan di lubang yang sama, lakukan 1 dc. Setelah itu lakukan masing-masing 1 dc dalam 18 lubang berikutnya. Setelah itu 2 dc dalam setiap lubang sebanyak 6 kali. Setelah itu 18 dc lagi, dan di satu lubang terakhir, lakukan 2dc dalam satu lubang.

Di putaran ke tiga, lakukan 3 rantai lagi, dan di lubang yang sama, lakukan 1 dc (seperti langkah di atas). Setelah itu lakukan masing-masing 1 dc dalam 22 lubang berikutnya. Setelah itu 2 dc dalam setiap lubang sebanyak 8 kali. Setelah itu 22dc lagi, dan di satu lubang terakhir lakukan 2 dc dalam satu lubang.

Putaran ke empat, lakukan satu dc dalam setiap lubang.

Putaran ke lima, ini merupakan putaran untuk membentuk sepatu. Lakukan 3 rantai lalu 13 dc di lubang berikutnya. Kemudian lakukan 18 kali "dc together". Kalo di terjemahkan dalam bahasa Indonesia apa yah? Ini merupakan pengurangan atau 2 dc disatukan jadi satu tusukan. Setelah 18 kali dc yang disatukan itu, lakukan 14 dc di tiap lubang yang tersisa. InsyaAllah udah kelihatan bentuk sepatunya.

Putaran terakhir, lakukan 2ch, lalu dalam setiap tusukan lakukan hdc (half double crochet). Lalu matikan tusukan. Terakhir, sembunyikan benang yang kita gunting dalam sela-sela tusukan.

Hasil akhirnya aku tambahkan karet elastik putih,
biar pas dipakai sama bayi ngga mudah copot-copot


Alhamdulillaah, sepatunya siap dihias dengan bunga, pita atau apapun sesuai kreasi dan imajinasi kita.

Moga bermanfaat ya...dan mudah-mudahan hasil terjemahanku ini dapat dimengerti. Kalo ada pola atau hitungan yang salah, kabari Maryam ya...nanti kita perbaiki sama-sama ^^


31 Desember 2013
@Drim Hill...bukit impian...

6 komentar:

  1. Balasan
    1. makasih mba Titis... :)
      Makasih juga udah mampir dan menjejak di blog Maryam...

      Hapus
  2. kreatif bangt...salam kenal mak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mak...hehehe...*masih sungkan dengan sapaan ini...hihi..geli...*
      salam kenal juga Mak Enci...

      Hapus
  3. Dulu pengen banget bisa merajut,, tapi nggak telaten..
    Salam kenal Mbak,, eh Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mak Intan...kita belajar lagi..seru kalo udah menikmati aktivitas ini. hehe.
      Salam kenal juga ^^

      Hapus