Jumat, 06 Desember 2013

Donat Kentang Ala Maryam

Setelah berhari-hari nguplek sama benang dan jarum jahit, pegel rasanya tanganku ini. Mata juga udah sepet banget liatin tusukan demi tusukan. Jenuh pun mulai menyergap. Aku mesti keluar dari rutinitas, pikirku. Apa yah? Pengen tidur sih, tapi kadang kalo tidur siang kebablasan, kalo bangun biasanya malah lemes. Pinggangku lagi sakit juga. Ah mati gaya deh.

Hari ini abis curhatan sama mba Itha Ummu Zulfa, telponan lamaaaa...hehe. Seneng banget rasanya berbagi kisah. Setidaknya hari ini ngga terlalu membosankan, denger suara dd Unez yang lagi sakit. Syafahullah laa basa thahuurun insyaaAllah. Cepet sehat ya nak...

Trus aku juga dapet gratisan nih, lalu aku telpon my Sister Irma, sekedar melepas kangen. Eh ternyata bu guru yang satu ini lagi sibuk apaa...lah gitu sama administrasi. Heuheu...malesnya jadi guru bagiku adalah saat mengerjakan tugas administratif begono. Karena tetehku ga bisa lebih lama diganggu, aku pun telponan sama teh Dian. Ngomongin macem-macem, dari info kontrakan, listrik, dan akhirnya ngomongin donat. Lho nyimak teh Dian yang kemarin dah buat donat, aku jadi pengen juga coba bikin. Bahan-bahannya juga kayaknya ada, bikinnya terdengar mudah dan ngga ribet.

Bahan-bahan yang ada di rumahku ^^


Ini dia bahannya:
  • Terigu 500 gram
  • Kuning telur 2 (aku pakai 3), putihnya jangan dibuang, nanti kita bikin telur dadar gulung ya ^^
  • Ragi instant Fermipan isi 11gr (sebungkus)
  • Kentang 2 buah (aku pakai 3 buah karena kecil-kecil), rebus lalu ancurin sampe halus
Kentangnya dibejek sampe halus ya, ibu-ibu...^^

  • Susu bubuk sebungkus (karena ngga ada, aku skip)
  • Air 100 ml (aku ganti dengan 100ml susu cair full cream)
  • Gula pasir 100 gr (aku kira-kira aja, jadinya 5 sendok makan)
  • Garam setengah sendok teh
  • Margarin  50gr sekitar 2 sendok makan kali yah?
Cara bikinnya begini:
  • Campur terigu, ragi instant, susu bubuk (aku ga pake), gula pasir, lalu masukkan kentang tumbuk, kuning telur, dan susu cair full cream. Aduk sampai setengah kalis.

  • Lalu masukkan mentega dan garam, aduk lagi sampai kalis.
Lha ini kok ngga kalis-kalis...aku tambahkan terigu dikit-dikit dah >.<

  • Diamkan 15 menit. Nanti adonannya mengembang.
Nah setelah didiamkan selama ngetik artikel ini, jadinya begini nih...ngembang banget ^^

  • Kalo di resep orang, ambil adonan sekitar 50 gr, bentuk bulat dan diamkan 20 menit lagi..(nah skarang stop dlu nulisnya...mau ta cetak dlu ya...hihi...)
ini rotinya sebelum dibalikin Hepikolnya...

  • Eh tanggung, lanjut dulu dah nulisnya. Udah dicetak dan didiamkan lagi, donatnya siap di goreng ^^

Aduh...cepet gosong ternyata, aku ga tau teknik goreng donat yang bener...


Aku mau cetak dulu yaa...nanti kalo udah jadi ta fotoin lagi dan edit artikelku ini....adios amigos, permios...mau nyetakin donat dulu yaaa....hehehe

Hai....aku kembali dari petualangan.... ini foto hasil akhirnya. Aku bikin dua versi, satu kloter dibakar, satu lagi digoreng.

Hasil akhir Roti Donat Kentang Kismis karyaku ^^

Alhamdulillaah.....berhasil...berhasil....yeee...yeee...yeee....*loncat-loncat ala Dora the Explorer*

Selamat mencoba ya teman....^^ <3




Tidak ada komentar:

Posting Komentar