Minggu, 29 Desember 2013

Kolak Pisang Harum Manis

Kemaren lihat pisang nangka mulus digantung di pojok jendela warung. Kulitnya hijau kekuningan dan mengkilap. Sebenernya aku cuman bawa duit 7 rebu perak buat beli bumbu dapur dan jajanan. Eh lihat pisang yang begitu mulus, bikin aku pengen beli. Hehe...lebay... Tapi menurut feelingku, pisang ini matangnya pasti pas. Biasanya kalo pisang nangka kebanyakan kulitnya burik-burik kehitaman, seperti yang biasa dilihat di tukang-tukang gorengan. Setelah pulang ke rumah bawa uang lagi, aku beli pisang nangkanya sekilo, alhamdulillaah dengan 6 ribu, aku bisa dapat sekitar 8-9 buah pisang ukuran sedang.

Pisang sudah didapat, terus aku merasa bingung untuk pengolahannya. Ini pisang mau diapain? Digoreng biasa, dijaketin sama terigu, itu udh biasa. Digoreng trus ditaburin gula dn keju...udah biasa juga. Suamiku bilang, untuk cemilan hindari dulu yang digoreng menggunakan minyak. Selain tenggorokan udah agak gatel, minyak juga ga baik buat kesehatan. Aku pikir bikin kolak aja deh.

Sebenernya aku ngga bisa bikin kolak. Lupa lagi...hehe. Maklum bikin kolak itu hanya setahun sekali pas moment Ramadhan aja. Gak tau kenapa, kemarin pengen juga buat kolak. Akhirnya karena aku ngga yakin dengan cara pembuatannya, lantas aku googling lagi di Mbah Gugel. hehehe...Ternyata ribet-ribet juga. ya udah kemarin aku bikin kolak dengan gaya bebas saja. Yang penting enak...

Kolak Pisang Harum Manis buatanku ^^


Ini dia bahan yang aku sediakan dalam pembuatan kolak simple ini.

Bahan:
Pisang Nangka 1 kg, dikupas lalu dipotong serong atau sesuai selera.
Gula merah sekitar 3 gandu or 100gr (aku kurang suka manis, kalo suka manis bisa ditambahkan lagi aja)
Garam setengah sendok teh
Santan instant 1 bungkus
Kayu manis 2 ruas jari

Caranya:
Didihkan air ke dalam panci, sekitar 6 gelas atau 1000ml. Lalu masukkan kayu manis, gula dan garam hingga larut. Setelah itu masukkan pisang yang sudah dipotong-potong, Terakhir masukkan santan. Biar ngga pesah, aduk terus santannya. Matikan api saat sudah mendidih sempurna. Kolak pun siap dihidangkan.

Taukah sahabat?
Saya menambahkan kayu manis agar aroma kolak lebih wangi. Ini dilakukan sebagai pengganti vanili dan pandan yang saya skip karena memang ngga ada. Selain itu kayu manis sangat berkhasiat sekali lho, Kayu manis baik untuk penderita diabetes. Dia dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Meski mungkin dalam kolak ini masih banyak terdapat gula sebagai pemanis, setidaknya kehadiran kayu manis bisa membantu diabetasi agar dapat menikmati kolak ini dengan perasaan tenang. Tentunya buat diabetasi, tetap mesti memperhatikan asupan makanan. Boleh saja makan kolak, asal ngga adalam porsi yang besar. hehe...meski ngga dijamin bisa nahan diri dari nambah porsi, karena kolak ini memang enak...

29 Desember 2013
@Dream Hill.
Jazaakallah khairan tuk suamiku tercinta, sudah jadi pelanggan setia masakanku...hehe





Tidak ada komentar:

Posting Komentar