Rabu, 12 Februari 2014

BB Untuk Krucil

Udah ngga asing lagi di telinga, kalo sekarang para ortu bisa lebih gaul dan anteng sama maenan gadgetnya daripada mengasuh anak-anaknya. Waktu jaman Blackberry lagi nge-trend banget, hampir semua orang anteng BB'an. Mungkin kalo para krucil bisa menyalurkan aspirasinya, mereka pengen unjuk rasa supaya ortunya berhenti BB'an dan mulai menemani mereka bermain. Hahaha...lebayyy...

Namun, ada juga pemandangan sebaliknya. Di sebuah masjid, banyak emak-emak yang begitu semangat menimba ilmu agama meski membawa pasukan krucilnya yang masih balita, bahkan masih bayi. Namun tampaknya keinginan tuk menerima ilmu dengan baik dan untuk bisa FOKUS mendengarkan kajian ilmu tersebut rasanya sungguh bukan hal mudah. Konsentrasi mereka terpecah karena para krucil yang meminta perhatian atau memang anak-anak mereka sedang asyik-asyiknya mengeksplor ruangan dan lingkungan. Tak jarang ada beberapa krucil yang akhirnya menangis saat mereka sadar telah berjalan jauh dari ummi mereka. Beberapa emak pun sibuk mencari buah hatinya di keramaian masjid. Alhasil kedatangan mereka ke majelis ilmu hanya sekedar mengasuh krucil tanpa mendapati ilmu secara maksimal dari para asatidz.

Supaya krucilnya anteng, ada yang membawa mainan, makanan, dan minuman sendiri dari rumah. Tapi ada juga yang memberikan uang jajan dan membiarkan mereka jajan dan makan di luar masjid. Nah yang terakhir aku sebutkan ini, menurutku kurang baik. Selain mengajarkan boros, makanan yang mereka beli belum tentu bersih dan sehat. 

Setelah menyimak kondisi sekitar, aku pikir anak-anak juga mesti disibukkan dengan aktivitas yang bermanfaat, sementara emaknya menyimak kajian ilmu. Aktivitas yang sangat krucil gemari tentu saja BERMAIN. Memang itu kerjaan anak-anak kan...maeeeennn melulu...hehehe. Nah, sepertinya para krucil mesti dikasi BB juga lho..!!!

Tenang.... BB yang ini bukan Bau Badan yang bikin pusing atau Black Berry yang super mahal. BB yang aku maksud adalah Busy Book *hahah..ngarang. ^^ Iya, aku namakan Busy Book, karena aku pikir buku ini bisa bikin mereka sibuk bermain dengan mainannya yang berupa buku. Bukunya dijamin menyenangkan dan bikin anteng. Insya Allaah. 

Ini dia penampakan Busy Book yang Maryam buat... ^^

Mamakers bisa bikin sendiri bukunya di rumah loh. Mudah kok. Bikinnya dari kain flannel dan dengan modal bisa pegang jarum jahit, insyaAllah bukunya bisa dibikin. Kalo malas bikin, bisa pesen n beli di Maryam yah...hehehe...promosi. 
Ini isi Busy Book'nya...

Nah di atas itu Busy Book pertama yang aku bikin. Ide temanya dapat dari web luar negeri, silakan googling atau cari di Pinterest.com. Tadinya ngga sengaja aku ngobrol tentang jenis mainan yang pernah aku mainkan waktu kecil. Masih ingat mainan BP=BPan? Itu loh boneka kertas *BP=Bongkar Pasang* Rasanya sulit sekarang ditemukan mainan itu. Krucil lebih dikenalkan mainan tab dan games yang ada di laptop ortunya sih. Sayang banget mereka ngga mengalami keseruan permainan ini bersama teman-temannya, seperti kita dulu masih kecil. Ya iyalah, dulu mana ada tab dan laptop? Paling canggih, kita mainan gimbot atau tomodachi yang seperti miara ayam-ayaman itu loh...hehe. Inget ngga?

Bp-Bp'an itu merupakan mainan kesukaanku. Dulu aku sering memainkannya dengan teman-teman perempuan. Paling senang mengganti-ganti baju mereka. dan paling menyebalkan kalo kertasnya sobek diantara kepala dan badannya. kalo udah gitu..mewek deh sekenceng-kencengnya. Nanti kakakku teh Irma atau Ibuku akan menyambungnya dengan selotip. Sekarang alhamdulillah aku bisa bikin sendiri. Bahannya dari kain flannel, insyaAllah lebih awet. Lebih lucu juga...hehe. Hmm... kalo aku punya anak perempuan, kelak aku akan membuatkannya boneka ini. Bermain bersamanya...masyaAllah...membayangkannya saja udah seneng banget. Apalagi kalau doaku dikabulkan?? Rabbiii habliii minash shaalihiin.. Aamiin... Allahumma Aamiin...ihiks..ihuks...

Hmm...maap temen-temen...suamiku bentar lagi pulang. InsyaAllah aku pengen berbagi tutorialnya. Nanti aku kan kembali dengan tutorial membuat Busy Book ini. Selanjutnya busy book'nya bertemakan "Mini Map". Mainan khusus untuk anak laki-laki. Ta kumpulin dulu foto-fotonya..hehe.

Ini sedikit bocorannya:



Sekali lagi...ingin berdoa... "Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrata 'ayuni waj'alnaa lil muttaqiina imaamaa" (QS. Al-Furqaan: 74)

2 komentar:

  1. seingatku mainan ayam2an itu tamagochi mak, bukan tomodachi :p iya ga mak?
    ih mak Maryam kreatif bgt deh.. salam kenal ya mak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh...iya mak...tamagochi..hahaha...maklum faktor U, Lupaaa...
      tomodachi= teman yah?
      salam kenal juga mak..makasih udah mampir n drop comment ^^

      Hapus