Rabu, 19 Februari 2014

Minuman Hangat: Jahe Kismis

Beberapa waktu lalu, aku sering merasakan sakit di tulang kaki. Mungkin karena beberapa hari hujan masih menyapa langit Cimahi. Meskipun tak hujan, Matahari tampaknya enggan muncul ke permukaan. Mungkin awan kelabu yang selalu menghalanginya. Cuaca mendung dan seringkali udara dingin yang menusuk tulang masuk tanpa ijin melalui celah-celah ventilasi rumah kami. Membuat suhu udara dalam rumah mungil ini lebih terasa seperti di dalam kulkas. Sprei dan selimut di tempat tidur kami saja terasa dingin. Tidur pun mesti menggunakan kaos kaki tambahan. Ah...aku ngga kuat dengan cuaca dingin yang terlampau ekstrim ini.

Hingga aku sempat membuat status di FB kalo aku ngga tahan dingin dan merasakan sakit di tulang kakiku. Dan aku mendapat resep minuman dari mba Endah, yang katanya dapat menghangatkan tubuh serta insyaAllah mengurangi rasa sakit di tulang kakiku. Minuman berasal dari jahe ini kebetulan merupakan minuman favoritku. Sayang sekali suamiku ngga suka jahe. Jadi aku hanya dapat menikmatinya seorang diri.

Madunya enak lho... Beli di teh Dian Ummu Zaid ^^

Aku jadi teringat saat pertama kali mengikuti acara gathering bersama keluarga yang diadakan oleh perusahaan tempat suamiku bekerja beberapa tahun lalu. Kami menginap di Hotel Lembang. Saat panitia mengurusi check in dan pembagian kamar, kami menunggu di lobby dan beberapa pelayan hotel memberi welcome drink yang terbuat dari jahe. Rasanya tak terlupakan. Minuman hangat campuran antara rasa pedas, manis, dan segar serta wangi itu membuat lidahku terkesan. Saat itu aku hampir menghabiskan tiga gelas. Hehehe...

Berdasarkan resep dari mba Endah, jahe cukup diparut dan dicampur dengan madu serta jeruk nipis. Karena aku pengen bikin banyak, aku menciptakan resep sendiri aja. Lagi-lagi mengarang...antara takaran dan cara pembuatannya...hehe. yang penting enak...

Ini dia resep dan cara yang aku lakukan.

Jahe, bawang merah dan kencur yang udah mulai tumbuh tunas.

Bahan:
1 rimpang jahe ukuran besar
3 sendok makan madu
1 sendok kismis
2 gelas air

Caranya:
Parut jahe yang sudah dibersihkan terlebih dahulu, lalu rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih. Saat akan dihidangkan, masukkan kismis ke dalam gelas, seduh dengan air jahe yang telah disaring, beri madu. Minuman pun siap dihidangkan.

Selain berkhasiat menghangatkan tubuh, jahe juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengatasi morning sickness yang mengganggu. Jahe dapat mengurangi rasa mual, kismis dapat menambah kalori, serta madu sudah sangat jelas sekali manfaatnya untuk stamina tubuh.

Selamat mencoba ya...^^

2 komentar:

  1. waah jd inget hamil nazeeha, kl tukang bandrek lewat g ketinggaln pesan. lumayan mnghilangkan mual :)
    alhamdulillah, promosi gratis euy xixi :) jazakillahukhoiron :) smga selalu sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa jazaakillah khair...hehe...iya, jahe enak teh...angetin badan ilangin mual ^^
      tp dlu biasanya aku masukin jahe di kacang ijo aja taunya...hehe

      Hapus