Kamis, 14 November 2013

Maryam Lagi Belajar Pola: Baby Boy Hat

Pesanan Ummu Yusuf

Alhamdulillaah, akhirnya jadi juga topi pesanan Ummu Yusuf. Setelah menggalau beberapa lama dengan pola topi yang belakangan aku tau itu namanya Cluster Hat. Beberapa kali coba gagal mulu. Aku mungkin kurang pintar berhitung, membaca pola, dan sedikit KONYOL. Yap, konyol banget karena sebetulnya aku sudah beberapa kali membuat topi serupa seperti ini tapi setiap mengulangnya, pasti riweuh lagi sama pola. Kekonyolan yang berawal dari rasa malas dalam menulis pola. Lha? gimana mau nulis pola, membaca pola saja aku sulit, dan sepertinyaa...teman-teman malu main denganku...*hahaha...jadi meleset ke iklan jaman dulu--->kalo temen-temen pembaca lahir dan mengalami masa kanak-kanak di era tahun 80'an kayaknya tau deh iklan layanan masyarakat ini...*

Back to my crochet project...

Kalo ngga salah pola topi ini aku dapatkan secara gratis di inet, sayang aku lupa menyimpan link'nya. Tapi ada topi yang udah jadi sebelumnya dan aku akhirnya mencontek dari pola topi terdahulu dengan cara menghitung langsung satu-satu dan meneliti topinya. Untunglah topinya lom aku kirim sama pelangganku..hihi...*maap yah Mba Ayu...jaketnya lom kelar*

Pesanan Mba Ayu


Biar ngga rempong, dan sekalian mau belajar nulis pola, jadi maryam coba tulisin deh polanya di sini. Mudah-mudahan dimengertos :D


  1. Dalam magic ring: ch 3, dc 15
  2. ch 3, dalam setiap stitch: *1 dc, ch** ulangi 15 kali
  3. ch 3, dc, ch1, lalu dalam setiap space berikutnya (lubang yang terbentuk oleh ch): *2dc, ch1** ulangi 15 kali.
  4. ch 3, 2 dc, ch1, lalu dalam setiap space berikutnya (lubang yang terbentuk oleh ch): *3dc, ch1** ulangi 15 kali. 
  5. ch 3, 2 dc, ch1, *lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc, ch1. lalu dalam 3 space berikutnya: 3dc, ch1** ulangi 4kali, lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc,  lalu dalam space terakhir: 3dc, ch1
  6. ch 3, 2 dc, ch1,  lalu dalam 2 space berikutnya: 3dc, ch1, *lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc, ch1. lalu dalam 4 space berikutnya: 3dc, ch1** ulangi 4kali, lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc,  lalu dalam space terakhir: 3dc, ch1
  7. ch 3, 2 dc, ch1, *3dc, ch1** ulangi 23 kali
  8. ch 3, 2 dc, ch1,  lalu dalam 3 space berikutnya: 3dc, ch1, *lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc, ch1. lalu dalam 5 space berikutnya: 3dc, ch1** ulangi 4kali, lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc,  lalu dalam space terakhir: 3dc, ch1
  9. ch 3, 2 dc, ch1, *3dc, ch1** ulangi 27 kali
  10. ch 3, 2 dc, ch1, *3dc, ch1** ulangi 27 kali
  11. ch 3, 2 dc, ch1,  lalu dalam 4 space berikutnya: 3dc, ch1, *lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc, ch1. lalu dalam 6 space berikutnya: 3dc, ch1** ulangi 4kali, lalu dalam space berikutnya: 3dc, ch1, 3dc,  lalu dalam space terakhir: 3dc, ch1
  12. ch 3, 2 dc, ch1, *3dc, ch1** ulangi 31 kali
  13. lakukan hal yang sama sampe row ke 19
Lalu 6 row berikutnya pakai single crochet.

Untuk aplikasinya: gambar skuter, aku ngga yakin bisa jelasin dengan baik. soale banyak ganti warna. Hmm...tapi aku coba deh.

Langkah pertama: bikin ban atau Roda ke-1 (bagian depan)
  1. Dalam magic ring, buat 5 sc pakai benang biru muda, lalu ganti warna dengan biru tua, lakukan 5 sc lagi terus slip stitch. (10sc)
  2. ganti warna hitam: ch1, lalu 2sc dalam setiap lubang, lakukan 5 kali, ganti warna dengan biru tua lagi, dan lalukan hal yang sama: 2sc dalam 5 lubang terakhir. (20sc)
  3. ch 1, balik, 
  4. hadauuu....aye pusing....kumahanya ieu teh?? dipending dulu dah kalo pola skuternya mah...maap yah ^^ kalo kepala saya udah ngga ngebul nanti saya nulis lagi disini deh...insyaAllah..
Maaf sodara-sodara....kepalaku mendadak pusing...hahaha...mau istirahat dulu. Lieur gening bikin pola teh? Uyuhan itu penulis buku Crochet yah...masyaAllah...!!! Sigana palalinter CALISTUNG..!!! ^^

Ah jadi inget nilai matematika aku waktu SMA sempet doremi gitu deehhh. Padahal di SD dan SMP, matematika saya nyaris sempurna, 9-10 nilainya. Cita-cita juga pernah pengen jadi guru matematika, tapi malah nyasar ke jurusan bahasa linggis. Ah...disyukuri wae atuuhh... saya bisa belajar merajut oge berbekal bahasa linggis kan... InsyaAllah barakah lah... Hatur nuhun ka Ibu sareng Bapak, anu tos nguliahkeun sim kuring di Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Alhamdulillaah bekel ilmu na kaangge pisan...
رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِيْ صَغِيْرًا
Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, serta berilah rahmat kepada keduanya, sebagaimana mereka mendidikku di waktu kecil.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar