Senin, 09 September 2013

Sop Udang Sayuran

Excited banget hari ini karena pagi ini Mamang penjual ikan menyisihkan setengah kilo udang lobster air tawar untukku. Berhubung teringat ibu yang sedang dalam masa penyembuhan sakit tifus, jadinya kuborong sisa sebungkus udang yang tergeletak di keranjang. Dengan cukup membayar 50 ribu rupiah, ku tenteng dua bungkusan udang berisi masing-masing setengah kilo itu ke rumah.



Berhubung masih hidup, udang-udang itu aku taruh dalam wadah berisi air. Udang yang terendam sempurna tak akan kabur, berbeda dbila diberi air sedikit (macak-macak), kalau tempatnya rendah, dia bisa memanjatnya. Nah ini yang terjadi kalau kita tak benar menyimpannya. Semua udang berlarian di kamar mandi saat kutinggal beres-beres di pojokan depan.



Sebel bangeeett...saat menangkap mereka, ada satu udang yang mencapit tanganku. Rasanya lumayan sakit. Pengen nangis rasanya...ihikss... Aku kurang hati-hati tadi. Seharusnya cara memegang udang yang baik adalah dengan cara memegang bagian punggung kepalanya, jadi kalau dia meronta, capitnya yang besar itu ngga akan mengenai tangan kita. Tadi aku malah memegang antenanya. Karena tenaganya cukup kuat, dia berhasil menggerakkan badannya dan capitnya meraih telapak tanganku sebelum akhirnya antenanya putus.


Ini kali kedua aku membeli udang lobster air tawar. Dulu aku memasaknya dengan resep mengarang indah. Ceritanya dimasak Asam Manis. Tapi tak terasa asam karena memang aku tak menambahkan cuka atau nanas di dalamnya.

Kali ini, aku memasaknya menjadi sayur sup. Karena aku memasaknya untuk ibu yang sedang pemulihan, maka dalam resep ini aku tak menambahkan merica. Bagi penderita tifus, memang sebaiknya dihindari makanan yang pedas, karena itulah dalam masakanku sementara tak ditambahkan cabai, rawit, atau merica yang bercitarasa pedas.

Oke, kita mulai tuliskan resepnya ya...

Bahan:
Udang lobster ukuran kecil (sekitar sebesar telunjuk bapak-bapak yg gendut) 20ekor
3 buah wortel dipotong-potong
1 kuntum brokoli ukuran sedang

Bumbu:
3 siung bawang merah iris
2 siung bawang putih cincang
1/2 buah bawang bombay cincang
1 tangkai daun bawang iris memanjang
3 tangkai daun seledri
1 buah tomat
garam secukupnya
gula putih sedikit saja biar gurih.
(merica saya skip, tapi biar enak sih, mending tambahkan merica yang banyak...hehe)

Caranya:

  • Rebus air dalam panci hingga mendidih. Lalu masukkan bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bawang daun, dan seledri hingga layu dan beraroma. (Bisa juga ditumis dulu dengan sedikit minyak. Tapi bagi yang mau makanan lebih sehat, cara rebusan ini lebih baik karena kita menghindari minyak ^^)
  • Setelah mendidih, masukkan wortel lalu beri garam secukupnya. Setelah empuk, masukkan udang dan brokoli. Icip-icip, kalau terasa asin, tambahkan gula pasir sedikit agar lebih gurih. Oya tomat dimasukkan terakhir biar lebih segar.
Ini dia hasil akhirnya...jreng...jreng...

Payah, aku lupa memasukkan tomatnya..... >__<

Silakan dicoba di dapur masing-masing. Resepnya mudah kan? Semoga ibu suka masakanku...dan semoga blio segera sehat. Doakan ya teman-teman...


9 September 2013
@Istana Maryam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar